Bataviase

Jembatan di Marunda Nyaris Patah

Keadaan Jembatan Kanal Banjir Timur yg merupakan penghubung antara daerah Jakarta Utara dan Bekasi memprihatinkan.

Jembatan itu hampir patah dan tanah di sekitarnya sudah ambles 15 an.

para pengendara khawatir, bila jembatan itu tak serta-merta diperbaiki dapat mengakibatkan jalan tersebut putus sehingga aktivitas masyarakat terganggu.

kondisi jembatan ini memang sejak tiga bln ini parah dan ambles. saya saja khawatir seandainya melalui jembatan ini,” tutur Amin, masyarakat Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, kemarin.

keadaan jembatan lain di lingkungan Marunda, yakni Jembatan Arteri Marunda dan Jembatan Kali Blencong, tak kalah memprihatinkan. Aspal jalan terkelupas dan retak-retak. lebihlebih besi penyambung antara jembatan dan jalan terus kelihatan terkelupas. Jalan ini kembali usang akibat tingginya daya tampung kendaraan berat yg melintas di dua jembatan tersebut. jangan kalau sudah ada korban, baru diperbaiki,” papar Dinto, 29, masyarakat Marunda lainnya.

Dirjen Bina marga Djoko

Murjanto menyampaikan akan segera meninjau ke lokasi. aku tak tahu kalau (jembatan) patah. Tapi akan segera diperbaiki bila benar patah,” tukas Djoko.

Jalan rusak

selain jembatan yg memprihatinkan, keadaan jalan di RE Martadinata juga nyaris sama. Lubang besar tampak menganga di samping jembatan layang RE Martadinata, sebelum Hotel Alexis, Jakarta Utara.

Lubang yg memiliki kedalaman hingga 15 centimeter tersebut sering dikeluhkan beberapa sopir yg melintas. menurut penjelasan satu orang warga, Priatno, dua hri lalu sebuah truk kontainer pernah terbalikakibat patah as ketika tengah melaju di jalan tersebut. Namun, kini lubang tempat terjatuhnya truk telah ditutupi bersama baru kerikil.

Jalan rusak tak hanya dikeluhkan masyarakat Jakarta. warga Depok, Jawa Barat, juga mengeluhkan lambannya penyelenggaraan jalan rusak oleh Pemkot Depok. Beberapa ruas jalan yg rusak antara lain ruas Cinere sampai perbatasan Cilandak, dan sekitar silang Depok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *