Bataviase

Torricelli Penemu Barometer Air Raksa

Pada 15 Oktober 1608, lahir fisikawan Italia yg yg namanya selanjutnya mendunia. Dialah Evangelista Torricelli yg lahir di Faenza dan selanjutnya memilih (jurusan) studi di Sapienza College Roma.

Evangelista Torricelli merupakan anak pasangan Gaspare Torricelli dgn Caterina Angetti. Anak sulung dari tiga anak pasangan suami istri ini hidup serba kekurangan lantaran Gaspare hanyalah seseorangpekerja bengkel tektil. ke-2 adik laki-lakinya kelak bekerja untuk bagian yg terkait dgn baju. melihat bakat Torricelli menonjol dan tak mempunyai kemampuan untuk memberi pendidikan, ke-2 orang tuanya mengutus anak anak tertua ini ke pamannya, Jacopo, seseorang uskup. Torricelli dididik hingga jadi masuk sekolah Jasuit.

Torricelli masuk sekolah Jasuit pada thn 1624 dan belajar matematika dan filsafat selama dua thn, tak diketahui dengan jelas kota tempat Torricelli menggali ilmu. Katika Torricelli masih menuntut ilmu di sekolah ini, ayahnya wafat. Ibunya dgn ke-2 adiknya pindah ke Roma dan diketahui Torricelli selanjutnya tinggal dengan mereka. Ibunya wafat di Roma pda th 1641.

Torricelli merupakan ahli fisika Italia, penemu barometer air raksa, penemu hukum Torricelli, menemu tabung hampa kecil yg pertama di dunia, ahli matematika, pengarang, guru besar, sekretaris, pembantu, dan murid Galileo. dia merombak lup dan teleskop. dia wafat di Florence pada tanggal 25 Oktober 1647 pada usia 39 thn. pada usia 22 th dirinya belajar di Roma untuk Benedetto Castelli, pendiri ilmu hidrolik, ahli matematika murid Galileo Galilei.

Torricelli menjadi sekretaris Galileo selama tiga bulan hingga Galileo meninggal pda thn 1641.
kisah pertemuan Torriceli dengan Galileo ibarat pertemuan antara seorang pengagum bersama figur yg dikaguminya. pada umur 30 thn dia membaca buku karya Galileo dan merasa kagum. dia menuliskepada Galileo pada thn 1632, sedangkan baru diundang oleh Galileo sembilan thn setelah itu, sesudah Galileo terkesan akan tulisan Torricelli menyangkut gerak.

diwaktu itu Galileo telah sepuh dan buta. Torricelli tercapai juga sebagai sekretarisnya dan tiga bln seterusnya Galileo wafat. Torricelli diangkat menjadi preferensi Galileo yang merupakan pandai matematika di Istina Grand Duke Fredinand II dan juga sebagai pembimbing gede matematika dan persinggungan ke-2 ilmuwan gede itu, di Florence dibuat patung Torricelli dan Galileo.

kepada 1643 Torricelli menciptakan pengecekan yg setelah itu populer bersama nama pemeriksaan Torricelli”. pengujian ini beliau melaksanakan ikut saran-saran Galileo yg dia terima sebelum wafat. padapercobaannya dirinya memakai tabung mungil yg panjangnya satu meter dan air raksa. Tabung itu dirinya isi dgn air raksa hingga penuh dulu lubangnya dirinya kunci bersama jari.

Tabung itu beliau balikan dan ujungnya dicelupkan ke dalam bejana bermutu air raksa kembali. selanjutnya jari terminasi tabung dia lepaskan awal tabung. Air raksa dalam tabung turun dan memunculkan arealowong hawa. ruangan lowong ini setelah itu ternama bersama nama ruangan kosong Torricelli. beliau menimbang tinggi air raksa dalam bejana. Tingginya nyata-nyatanya 76 sentimeter.

selagi beberapa hri Torricelli menelaah bahwa tinggi air raksa dalam tabung senantiasa berubah-ubah. hasilnya beliau tahu bahwa faktor itu disebabkan oleh tindihan hawa. tindihan air raksa 76 sentimeter itu seterusnya dinamakan tindihan satu atmosfer.

rata rata penemuan Torricelli yaitu dibidang fisika. Khususnya berkenaan takaran. Torricelli serta menyampaikan teori-teori berkaitan percepatan dan gravitasi, aktivitas air dan proyektif. satu buah dikala Fermat sempat ajukan bab buat Torricelli bagi tentukan sebuah tutul di sektor datar yg jumlah jaraknya ke bintik satu segitiga jadi minimum. penggarapan ihwal asal Torricelli selanjutnya diterbitkan salah seseorangmuridnya merupakan Viviani kepada thn 1659.

bintik itu dikenal waktu ini bersama nama umbilikus isogon bermula segitiga. penanganan menawan asal persoalan itu seterusnya diberikan oleh Jacob Steiner. buat th 1640 menyabet panjang semenjak busur kurva spiral logaritma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *