Bataviase

Sejarah Singkat Kerajaan Aceh

Aceh kerap saja disebut dengan serambi mekah. Inilah kisah singkat tentanghal kerajan Aceh. kerajaan Aceh didirikan oleh baginda Ali Mughayat syah, sesudah berhasil melepaskan diri dari kerajaan Pedir. kerajaan Aceh barulah diinstruksi oleh sunan Alauddin Riayat syah. Aceh mencapai kebesaran pada periode pemerintahan sultan Iskandar muda. Pada kurun ini, banyak saudagar dari daerah lain yang datang ke Aceh untuk membeli hasil buminya. peninggalan kebudayaan pada periode kerajaan Iskandar muda adalah masjid Baiturrahman.

sesudah Iskandar muda berpulang digantikan oleh sultan Iskandar Thani. Tata pemerintahan Aceh diatur dalam peraturan yang disebut adat mahkota Alam. menurut tata pemerintahan tersebut, kawasanAceh dibagi dalam kawasan sagi dan kawasan pusat kerajaan. masing-masing sagi terdiri dari sejumlah muslim dan dikepalai oleh pemimpin sagi yang dikatakan pemimpin besar. bak negeri Islam, Aceh dipandang serambi Mekah karena Aceh menjabat pusat penyebaran Islam di Asia Tenggara dan untuk memperdalam Islam lebih dahulu belajar ke Aceh untuk menggapai landasan Islam yang kuat.

masyarakat Aceh dikelompokkan dalam golongan Teuku, yaitu golongan masyarakat bangsawan, dan golongan Tengku, yaitu golongan agama. pendapatan kerajaan Aceh diambil dari penarikan tarif dan bea yang terdiri dari beberapa macam antara lain imbalan bursa dan retribusi intan. dalam masalah sastra, Aceh lama melahirkan tokoh-tokoh, antara lain Syamsuddin pasai, Hamzah Fansyuri, Nuruddin ar-Raniri, dan Abdul al-Rauf. Nuruddin ar-Raniri mengarang Bustanus salatin taman( raja-raja dan adat istiadat Aceh dan ajaran Islam). Abdul al-Rauf dari Singkel (Syeikh kuala) menegakkan tafsir Alquran dalambahasa Melayu. Ia melanggar ajaran heterodoks makhluk( yang diciptakan bagai penampilan dari penciptanya). ideologi yang dianutnya yaitu aliran kuno, yakni Allah pencipta dan manusia ciptaan-Nya takbisa mengetahui kondisinya. seusai wafatnya ratu Iskandar muda, tak ada pengganti yang bijaksana sehingga mengakibatkan kebangkrutan Aceh. selain itu, mundurnya perdagangan Aceh akibat Malaka hancur ke tangan Portugis lalu pedagang Islam bergerak ke demak juga menyebabkan kemunduran Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *