Bataviase

Ditahan Hampir 3 Bulan, Ustad Al Khaththath Belum Juga Disidang

Wakil ketua DPR RI Fadli Zon mempertimbangkan, kasus yg menimpa Al Khaththath tak jelas. terlebih, sudah nyaris tiga bln ditahan, kasusnya tak pula disidangkan di pengadilan.

saya kira ini satu pertanyaan yg masih terbengkalai sejak bln Maret. kami masih sempat melakukan sidak ke sana sama 4 anggota komisi III,” kata Fadli di ruang kerja dirinya di lantai 3, Jakarta, Selasa (13/6).

Ditahan selama 2,5 bln, Al Khaththath hanya menjalani satu kali pemeriksaan atas kasus terkaan makar yg hingga detik ini pun tak terang statusnya tersebut.

sudah berjalan penangkapan 2,5 bln lebih tanpa ada 1 kepastian status, lantaran saudara ustaz Al Khaththath baru diperiksa 1 kali, tuduhannya berat, tuduhan makar. Tapi tidak dengan ada bukti-bukti ygreal, ucap Fadli.

dengan status yg hingga disaat ini belum terang bagi Al Khathathath, Fadli membujuk supaya pelaku dapat dibebaskan. Setidaknya, kata beliau, dikabulkan penundaan penahanannya.

jadi semestinya segera ada pembebasan setidaknya pengunduran penahanan atas permintaan keluarganya istri bersama enam anaknya. tidak ada yg butuh dikhawatirkan dengan pihak kepolisian dalam hal ini Kapolda Metro terkait hal tersebut, ucap dia.

tak adanya bukti untuk menaiki statusnya itu, Fadli punya anggapan aspek itu sbg bagian dari salah satu pelanggaran Hak Asasi manusia (HAM).

janganlah sampai ini langgar HAM. lantaran penahanan tidak dengan ada satu ketegasan dan kebenaran yg terang ialah pelanggaran buat HAM. jadi saya kira karena sudah saatnya Al Khaththath dibebaskan atau ditangguhkan penahanannya kalau masih ada proses undang-undang, ucapnya.

“Tapi ini sumir sekali, masak 2,5 bln baru diperiksa satu kali,” tambahnya.

usai memperoleh keluhan dari kelompok Al Khaththath, Fadli dapat memberikan langsung laporan terhadap pihak kepolisian tergantung masalah yg saat ini menimpa Al Khaththath.

kami bakal surati serentak dari hasil audiensi dan penguraian aspirasi ini. saya dapat sampaikan ke komisi III kalau bisa kasus ini diangkat di RDP di komisi III,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *