Bataviase

Mengenal Lebih Dalam Lampu Tenaga Surya

harga panel surya

Lampu tenaga surya adalah sebuah lampu yang memanfaatkan tenaga matahari. Sinar matahari merupakan sumber tenaga kehidupan yang paling dasar yang dapat diubah menjadi berbagai tenaga lainnya termasuk tenaga listrik. Cara mengubah tenaga matahari mejadi tenaga listrik untuk menyalakan lampu adalah dengan memanfaatkan panel surya. Lampu yang dinyalakan dengan memanfaatkan sinar matahari disebut dengan lampu bertenaga surya. Lampu ini dapat dimanfaatkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Untuk ruangan bagian dalam biasanya lampu ini digunakan pada area garasi rumah sedangkan untuk luar ruangan sebagai lampu taman.

Cara Kerja Lampu Tenaga Surya

Beruntungnya kita tinggal di Indonesia, yang merupakan negara tropis yang tidak pernah kekurangan pancaran sinar matahari. Energi cahaya matahari merupakan sumber energi kehidupan bagi semua makhluk hidup, termasuk manusia. Bahkan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan kini energi cahaya matahari telah mulai dimanfaatkan untuk diubah menjadi energi listrik untuk menghidupkan lampu. Lampu bertenaga energi matahari memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Yakni dengan menyerap sebanyak-banyaknya energi sinar matahari pada siang hari dan kemudian mengubahnya menjadi energi listrik dengan bantuan panel surya. Lampu ini akan secara otomatis menyala pada saat hari mulai malam. Lamanya lampu ini hidup tergantung dari seberapa banyak sinar matahari yang diperoleh pada saat siang hari. Perlu anda ketahu lampu yang bertenaga energi matahari ini akan terlihat lebih redup dan bahkan tidak dapat menyala apabila siang harinya mata hari tertutupi oleh mendung.

Kelebihan Lampu Bertenaga Surya

Lampu-lampu bertenaga surya kini dapat dengan mudah anda peroleh dipasaran dengan harga panel surya yang terjangkau. Penggunaan lampu-lampu ini sangatlah bermanfaat, selain dapat mengurangi beban listrik kita namun juga sangat ramah lingkungan dan pastinya jumlahnya tidak akan pernah habis. Lampu ini tidak memerlukan bahan bakar dan dapat dengan mudah dipindah tempatkan serta mempu beroperasi secara otomatis. Tidak hanya itu saja lampu yang bertenaga surya tidak menimbulkan efek rumah kaca dan pemeliharaannyapun sangat mudah. Masa pakainyapun sangatlah berumur panjang yakni mencapai 25 sampai 30 tahun.Pengguaan lampu bertenaga surya ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok tanah air yang memang belum tersentuh listrik serta bagi masyarakat perkotaan yang memiliki jumlah bangunan yang sangat padat.

Pada dasarnya panel surya lebih efisien dimanfaatkan karena energi yang dihasilkannya ramah lingkungan dan merupakan jenis energi yang dapat diperbaharui. Bagaimana tidak jika energi yang diserap oleh panel habis dan lampunya mati, anda hanya perlu menunggu matahari bersinar terang maka energinyapun dapat terisi ulang kembali. Demikianlah informasi mengenai lampu tenaga surya semoga informasi yang telah dipaparkan tersebut dapat bermanfaat bagi pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *