Bataviase

Genset, Cara Merawatnya Dengan Baik

genset

Genset merupakan salah satu peralatan listrik yang digunakan untuk menghasilkan daya listrik dan dipakai langsung untuk pasokan listrik bagi alat – alat dengan penggunaan listrik. Saat ini, penggunaan genset tidak hanya pada sektor industri saja, namun rumah tangga, pertanian, bengkel, atau perkantoran juga sudah memanfaatkan genset. Jenis genset sendiri dibagi menurut beberapa jenis, yakni bahan bakar, bentuk dan alat pengatur output tegangan. Pada genset menurut bahan bakar terdapat genset solar, bensin dan juga gas. Untuk genset menurut bentuknya, terdiri atas genset silent dan genset open. Sedangkan genset menurut alat pengaturnya terdiri atas genset inverter dan genset konvensional. Karena fungsi genset sebagai pemasok listrik, tentu diperlukan perawatan genset yang benar agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1.     Jaga kebersihan mesin genset

Dengan selalu menjaga kebersihan mesin genset sendiri tentu akan membuat mesin tersebut tetap awet. Di samping itu, genset juga akan bisa bekerja dengan optimal dan tetap terlihat bagus. Anda harus rutin membersihkan debu, minyak, kotoran atau air yang terdapat pada genset. Hal ini dilakukan agar mesin genset tidak akan mudah rusak.

  1.     Letakan pada tempat yang benar

Jika genset diletakkan pada tempat yang sembarangan akan membuat mesin cepat rusak bahkan peletakkan genset yang salah bisa menghasilkan sengatan listrik.  Di samping itu, pastikan ruangan yang digunakan untuk genset juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebab saat genset dijalankan membutuhkan pembuangan gas dari pembakar genset tersebut yang terdapar pada knalpot genset. Dengan adanya sirkulasi udara yang baik akan membuat penggunanya aman dari racun dan mesin genset tidak cepat panas.

  1.     Lakukan pemeriksaan oli mesin genset secara berkala

Oli pada mesin genset adalah salah satu komponen yang paling penting. Sehingga sangat penting untuk melakukan pemeriksaan secara berkala. Secepatnya ganti oli genset yang sudah mulai keruh atau hitam, Anda juga bisa mengganti olii genset yang sudah mulai berkurang volumenya dari batas normal. Alangkah lebih baiknya lagi, Anda mengganti oli genset setiap 6 bulan sekali.

  1.     Ganti spare part genset yang sudah tua atau Aus

Penggunaan genset dalam kurun waktu yang tertentu akan membutuhkan penggantian spare part. Sebab spare part dari genset tersebut membuat genset tidak bekerja secara optimal. Penggantian spare part yang sudah rusak atau aus dilakukan agar tidak ada komponen lainnya pada genset yang ikut rusak. Jika tidak ada pergantian akan membuat genset mati dan secara keseluruhan akan tidak bisa ditangani. Untuk mengetahui spare part dari genset yang perlu diganti dilakukan dengan memeriksanya secara rutin. Anda juga bisa melihat buku panduan dari genset tersebut saat membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *