Bataviase

Membuat Lampu Tenaga Surya Sederhana Dari Botol Bekas

lampu tenaga surya dengan solar cell

Dengan adanya energi listrik, semua orang dapat menggunakan elektronik untuk menunjang kehidupan mereka. Energi listrik itu bisa berasal dari berbagai sumber, salah satunya matahari. Sebagai sumber cahaya, matahari juga dapat menghasilkan energi listrik yang lebih ramah lingkungan. Apalagi energi yang dihasilkan matahari ketersediaannya tidak terbatas. Salah satu pemanfaatan energi matahari adalah untuk membuat lampu tenaga surya yang biasanya dipasang di taman.

Cara Membuat Lampu Tenaga Surya Sederhana

Proyek sederhana yang mau kita buat ini tentu tidak sebanding dengan lampu tenaga surya yang ada di pasaran. Lampu tersebut lebih canggih karena menggunakan sel fotovoltaik yang mengonversi sinar matahari menjadi energi listrik. Untuk proyek sederhana kita ini, kita hanya gunakan pendaran cahaya matahari dari cairan yang ada di dalam botal. Berikut ini cara membuat lampu tenaga surya sederhana menggunakan botol bekas:

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1.     Botol bekas air mineral.
  2.     Plat logam yang digunakan untuk atap atau seng.
  3.     Pemutih pakaian atau bleach.
  4.     Lem silikon atau yang tahan terhadap cuaca.
  5.     Air mineral.

Proses pembuatan:

  1.     Potong seng yang telah disiapkan sekitar 9 x 10 inch menggunakan gunting khusus logam. Hindari memotongnya dengan gunting biasa sebab bisa merusak gunting tersebut. Buat dua buah gambar lingkaran yang ukurannya berbeda 1-2 cm. Ukuran lingkaran yang lebih kecil disesuaikan dengan diameter botol karena digunakan sebagai tempat untuk memasukkan botol. Selanjutnya, potong lingkaran kecil dan buat potongan-potongan keluar dengan jarak sekitar 1 cm, jangan sampai melebihi garis paling luar.

Walaupun seng mudah diperoleh di toko material, tapi Anda bisa menggunakan yang sudah tidak dipakai lagi.

  1.     Amplas botol supaya mempermudah Anda dalam proses penempelan.
  2.     Masukkan botol yang telah diamplas ke dalam lubang seng dengan perbandingan satu pertiga ukuran botol untuk bagian yang ada tutupnya. Jadi, sisi bawah botol akan lebih masuk.
  3.     Olesi lem di sekitar lubang, pada kedua sisinya supaya daya rekat botol bagus serta tidak mengalami kebocoran nantinya.
  4.     Jika lem sudah kering, tuangkan air ke dalam botol sampai agak penuh. Beri kurang lebih satu tutup botol pemutih pakaian ke dalamnya.
  5.     Lampu tenaga surya dari botol tersebut siap digunakan, tinggal melalui proses instalasi. Lampu ini setara dengan 55 watt lampu biasa.

Proses Instalasi Lampu Tenaga Surya

Sebenarnya, proses instalasi lampu tenaga surya yang dibuat dari botol bekas cukup fleksibel dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi tempat tinggal Anda. Secara garis besar, yang perlu dilakukan ialah melubangi atap yang akan dijadikan tempat pemasangan lampu seukuran botol. Letakkan perangkat lampu botol di atas atap berlubang, lalu gunakan baut atau paku untuk mengencangkan bagian-bagian seng dengan atap.

Berikutnya, Anda bisa memberi lem di sekitar sambungan supaya ketika hujan turun, air tidak akan masuk ke sela-selanya. Terakhir, beri lem pada tutup botol tersebut.

Dengan menerapkan teknologi sederhana yang ramah lingkungan ini, Anda bisa turut berhemat serta mengurangi emisi CO2. Memanfaatkan botol plastik bekas juga sama dengan melakukan sesuatu yang berarti bagi bumi. Jadi, sudah saatnya Anda mengajak orang lain untuk melakukannya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *