Bataviase

Penggunaan Sistem Pompa Air Tenaga Surya

PLTS Rumah 1000 watt, PLTS Rumah 1500-2000 watt hybrid, PLTS Rumah 3000-4000 watt hybrid

PLTS Rumah 1000 watt, PLTS Rumah 1500-2000 watt hybrid, PLTS Rumah 3000-4000 watt hybridPompa air tenaga surya ini pada dasarnya memanfaatkan energi cahaya matahari sebagai tenaga penggeraknya. Pompa air tenaga surya ini terdiri dari panel surya yang mampu menghasilkan aliran listrik yang searah (DC) pada saat terkontak langsung dengan cahaya matahari maka pompa air searah ini mampu memompa air. Perlu anda ketahui, jika pompa air tenaga surya ini sebenarnya harus menggunakan pompa air arus searah (DC). Berikkut ini adalah beberapa paket penggunaan tenaga surya untuk PLTS : PLTS Rumah 1000 watt , PLTS Rumah 1500-2000 watt hybrid, PLTS Rumah 3000-4000 watt hybrid.

Pompa air tenaga surya ini memiliki banyak sekali kelebihannya seperti, anda tidak perlu menyediakan bahan bakar dan tidak perlu membayar tagihan listrik yang sangat mahal. Pompa air tenaga surya mempunyai dua sistem yakni pompa air tenaga surya yang menggunakan baterai dan pompa air tenaga surya tanpa menggunakan baterai. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dipaparkan beberapa hal mengenai dua sistem yang bisa digunakan pada pompa air tenaga surya, yakni :

Pompa Air Tenaga Surya Yang Menggunakan Baterai

Sistem pertama yang bisa digunakan di pompa air tenaga surya ialah penggunaan baterai. Jika untuk sistem pertama ini terdiri dari pengatur cas baterai (charger control regulator), unit pendeteksi tekanan air di dalam tangki penampung (pressure switch and tank), panel sel surya (photovoltaic panel), pengontrol pompa (pump controller) serta pompa air searah (DC atau Direct current). Cara kerja sistem ini ialah pada saat cahaya matahari mengenai panel sel surya maka akan menghasilkan arus listrik searah lalu disimpan di dalam baterai. Setelahnya arus listrik searah ini akan disalurkan ke pompa air DC sehingga mampu memompa air ke dalam tangki penampung. Ketika tangki penampung penuh maka aliran listrik DC ke dalam pompa air akan langsung berhenti bekerja. Penggunaan baterai ini memang sangat baik, karena jika matahari redup atau hujan maka pompa air tetap bisa bekerja pada saat tangki penampung air kosong. Dengan adanya pengontrol pompa maka pompa air mampu bekerja secara maksimal.

Pompa Air Tenaga Surta Tanpa Menggunakan Baterai

Dengan menggunakan sistem ini maka arus listrik searah yang dihasilkan panel sel surya bisa langsung disalurkan ke dalam pompa air. Sistem pompa air tenaga surya ini mampu bekerja berdasarkan besarnya tegangan atau arus listrik yang di hasilkan oleh panel sel surya. Sistem ini hanya di desain untuk bekerja pada siang hari dan pada saat pagi atau sore harinya tidak mampu bekerja secara maksimal. Selain itu, jika matahari redup atau hujan maka pompa air ini langsung berhenti bekerja. Maka dari itu, anda harus memangsang tangki penampung yang besar atau tangki tambahan agar bisa menampung air sebanyak-banyaknya pada saat intensitas sinar matahari tinggi. Banyaknya air yang dipompa tergantung dengan intensitas cahaya matahari yang ditangkap oleh panel surya dan jenis pompa yang digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *