Bataviase

Ilmu Ekonomi dan Apa yang Ada di Dalamnya Dipandang Secara Umum

Ilmu Ekonomi dan cakupannya secara umum

Pada pembahasan sebelum ini sudah sedikit diulas tentang arti kata “ekonomi”. Ekonomi itu sebetulnya adalah bagian dari sebuah ilmu, kita menyebutnya dengan nama “ilmu ekonomi”. Ilmu ekonomi mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan pengelolaan atau aturan yang diterapkan pada suatu rumah tangga, perusahaan, bahkan suatu negara.

Jika kita ekonomi ini kita terapkan pada suatu negara maka akan memiliki arti sebagai sebuah sistem, sistem yang berlaku pada negara yang bersangkutan.

Cakupan ekonomi tidak hanya terbatas pada pengelolaan, aturan atau distribusi melainkan lebih dari itu. Secara general atau kalau kita memandangnya secara umum lagi ekonomi terdiri dari beberapa bidang ilmu, di antaranya seperti geografi, sosiologi, antropologi dan sejarah. Secara umum pula ekonomi akan membahas tentang perdagangan, konsumsi, produksi serta distribusi.

Di dalam ekonomi secara global atau secara general pula kita akan belajar tentang kondisi keuangan, hal-hal yang berkaitan dengan manajemen, bagaimana pengelolaan administrasinya dan juga teknik-teknik ekonomi yang diterapkan.

Secara general ekonomi juga akan digolongkan menjadi tiga bagian. Bagian yang ada di dalam ekonomi tersebut kita sebut dengan nama “sektor”.  Ada tiga sektor inti yang termasuk di dalam ekonomi :

  1.             Yang pertama yang disebut dengan “sektor primer”.

Yang dimaksud dengan sektor primer adalah sektor yang memiliki kontribusi primer atau pertama atau yang paling pokok atau terbesar di dalam ekonomi atau perekonomian suatu negara. Biasanya sektor premier ini banyak memanfaatkan sumber daya alam.

  1.             Yang kedua yang disebut dengan nama “sektor sekunder”.

Yang dimaksud dengan sektor sekunder adalah sektor yang berkaitan langsung dengan sektor primer. Sektor sekunder ini menghasilkan suatu produk yang berasal dari sumber daya yang diperoleh pada sektor primer. Hasil akhir dari produk inilah yang nantinya akan dinikmati atau dikonsumsi.

  1.             Yang ketiga yang disebut dengan nama “sektor tersier”.

Yang dimaksud dengan sektor tersier adalah sektor yang menghasilkan produk dalam bentuk non fisik. Yang ditawarkan dari sektor tersier ini adalah jasa, pelayanan dan pengetahuan supaya produktifitas kerja bisa mengalami peningkatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *