Konten adalah inti dari digital marketing. Tanpa konten, maka tidak ada penawaran yang bisa diberikan kepada calon pelanggan, bukan? Karena itu, memiliki konten yang dapat menarik perhatian calon pembeli adalah hal mutlak untuk meningkatkan penjualan. Ingin meningkatkan penjualan bisnis Anda? Salah satu caranya adalah dengan membuat konten yang memiliki judul menarik sehingga mampu menarik perhatian calon pelanggan.
Setelah bisnis Anda mengalami peningkatan penjualan, langkah berikutnya adalah menyiapkan layanan pengiriman terpercaya seperti JNT, JNE, AnterAja, dan lain-lain untuk memuaskan pelanggan.
Tips Membuat Judul Konten yang Menarik untuk Penjualan
1. Sesuaikan dengan Isi
Tips pertama untuk membuat judul konten yang mampu meningkatkan penjualan adalah dengan menyesuaikannya dengan isi konten. Hindarilah membuat judul konten yang bertele-tele maupun mendayu-dayu. Hindari pula membuat judul yang tidak berhubungan dengan isi karena hal itu akan mengecewakan calon pelanggan.
Sebagai contoh, saat membuat konten tentang sebuah produk elektronik, Anda bisa menuliskan jenis produk yang dibahas dan manfaatnya bagi calon pembeli sebagai judul. Jadi, calon pembeli segera tahu benefit apa yang mereka dapatkan jika membeli produk tersebut.
Contoh:
– Acer Swift 5 Aerospace, Laptop Tipis Dengan Fitur-Fitur Unggulan
– 5 Alasan Laptop Acer Swift 5 Aerospace Cocok untuk Pebisnis
2. Menyisipkan Keyword dalam Judul
Tips berikutnya untuk membuat judul yang mampu meningkatkan penjualan adalah menyisipkan keyword pada judul. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman pencarian Google. Dengan mendapatkan peringkat tertinggi di halaman Google, maka konten Anda akan mendapatkan lebih banyak traffic. Dan tentu saja, traffic akan mendatangkan lebih banyak penjualan.
Sebagai contoh, ketika hendak menulis tentang tempat wisata, Anda bisa memasukkan keyword seperti ini (keyword di-bold):
– Selain Danau Toba, 7 Wisata Alam di Medan Ini Wajib Dikunjungi!
– 7 Rekomendasi Wisata Sejarah di Jakarta yang Hits dan Kekinian
3. Menyebutkan Angka
Menyebutkan angka pada judul juga bisa menjadi strategi yang ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan. Dengan menyebutkan angka pada judul, hal itu akan memberi kesan praktis pada calon pembeli sehingga tergerak untuk membaca konten Anda lebih jauh lagi.
Di samping itu, menyebutkan angka pada judul juga menggambarkan seberapa banyak pilihan yang dapat Anda berikan kepada calon pembeli. Karena itu, jika memungkinkan, sebutkanlah angka pada judul konten yang Anda buat.
Contoh:
– 7 Ide Bisnis Makanan yang Bisa Dijalankan dengan Modal Kecil
– Kumpulan Resep Sayur Cukup Dimasak 15 Menit
4. Mengungkapkan Janji
Tips yang tidak kalah ampuhnya dalam membuat judul konten yang mampu meningkatkan penjualan adalah mengungkapkan janji. Sederhananya, solusi apa yang bisa produk Anda tawarkan yang dapat membantu calon pembeli mencapai yang mereka inginkan? Jadi, sebaiknya pikirkanlah terlebih dahulu solusi yang dapat produk Anda berikan sebelum membuat judul konten yang menarik.
Contoh judul konten dengan mengungkapkan janji, antara lain:
– 7 Cara Menjadi Selebgram dengan Endorse Bernilai Fantastis
– 5 Langkah Membuat Foto Instagram Sekeren Milik Selebgram
5. Menggunakan Perbandingan
Menggunakan perbandingan juga menjadi salah satu tips yang ampuh untuk membuat judul konten yang dapat meningkatkan penjualan. Dengan membuat judul yang berisi perbandingan antara produk A dan produk B, calon pembeli akan menjadi lebih penasaran tentang hubungan antara produk yang diperbandingkan tersebut.
Selain itu, artikel semacam ini juga dapat membantu calon pembeli untuk menentukan produk mana yang paling tepat untuk mereka. Contoh judul konten yang menarik dengan perbandingan, yaitu:
– iPhone 13 Pro Max vs Samsung Galaxy S22 Ultra, Mana yang Lebih Tangguh?
6. Mengandung Emosi
Tidak dapat dipungkiri bahwa ketertarikan seseorang membeli juga sangat dipengaruhi oleh emosi. Karena itu, membuat judul konten yang mengandung emosi juga sangat ampuh untuk merebut hati calon pembeli sehingga mau membeli produk Anda.
Contoh judul konten yang mengandung emosi:
– UMR Naik di Tahun 2023, Ini Cara Pertahankan Biaya Gaya Hidup Kamu
– Mengatur Keuangan Keluarga Saat Suami Kehilangan Pekerjaan
7. Menggunakan Pertanyaan
Terakhir, Anda bisa menggunakan pertanyaan untuk membuat judul konten Anda dapat menarik perhatian calon pembeli. Namun, pastikan pertanyaan yang Anda buat memang relevan dengan kebutuhan target market Anda. Menanyakan pertanyaan yang tidak relevan dengan target market tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan untuk peningkatan penjualan bisnis Anda.
Hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan riset tentang trend dan kebutuhan terbaru yang sekiranya dimiliki calon pelanggan Anda. Dengan demikian, Anda akan dapat membuat judul konten berisi pertanyaan yang menarik dan menjual.
Contoh judul konten dengan kalimat pertanyaan, yaitu:
– Ingin beli tablet Samsung Galaxy S6? Kenali Kelebihan dan Kekurangannya di Sini!
– Makan Cokelat Bisa Bikin Happy, Benarkah?
Demikianlah 7 tips membuat judul konten yang mampu meningkatkan penjualan. Jika tips-tips ini Anda lakukan secara konsisten, dijamin konten Anda akan mendapatkan perhatian lebih banyak dari calon pembeli yang meningkatkan traffic.
Setelah bisnis Anda meningkat penjualannya, hal yang perlu Anda persiapkan adalah layanan pengiriman yang cepat untuk memuaskan pelanggan. Salah satu platform yang dapat membantu Anda mengatasi hal tersebut adalah BukaSend dari Bukalapak yang memiliki fitur cek ongkir seluruh ekspedisi mulai dari J&T, JNE, AnterAja, dan lain-lain.