- 1. Hal-hal yang harus ada di toko online
- 1.1 1. Pastikan logo atau nama toko online sudah terpasang
- 1.2 2. Pastikan form pencarian produk sudah tersedia
- 1.3 3. Berikanlah panduan lengkap berbelanja di toko online milikmu
- 1.4 4. Pastikan fitur customer login sudah tersedia
- 1.5 5. Sertakan keterangan atau detail pada setiap produk
- 1.6 6. Sediakan keranjang belanja
- 1.7 7. Berikan berbagai pilihan layanan pembayaran untuk pelanggan
- 1.8 8. Menyediakan layanan informasi live chat dan FAQ
- 1.9 9. Pastikan tampilan toko online user friendly
Membangun bisnis online di era teknologi saat ini memang banyak diminati oleh masyarakat. Namun, sebelum itu kamu juga harus memastikan beberapa hal yang harus ada di dalam toko online agar pengunjung atau calon pembeli lebih mudah menggunakannya. Dan berikut hal-hal yang harus ada di toko online.
Hal-hal yang harus ada di toko online
1. Pastikan logo atau nama toko online sudah terpasang
Hal pertama yang wajib ada di toko online adalah logo atau nama brand milikmu. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak toko online yang tidak memberikan nama untuk tokonya karena hanya fokus dengan SEO saja.
Sebagai ciri khas atau pembeda dari kompetitor, kamu bisa menambahkan tagline unik untuk memudahkan pengunjung mengingat brand milikmu. Umumnya, logo menjadi identitas suatu brand yang bisa ditampilkan di toko online.
2. Pastikan form pencarian produk sudah tersedia
Umumnya, banyak pengunjung atau calon pembeli sudah mengetahui akan membeli produk apa di toko milikmu. Namun, sayangnya yang sering menjadi masalah adalah mereka tidak tahu dimana harus menemukan produk tersebut.
Baca juga: VPS indonesia dengan sistem Cloud
Demi mengatasi hal tersebut, kamu bisa menyediakan form pencarian. Berikanlah informasi kepada pengunjung apa saja yang bisa dicari melalui form tersebut.
3. Berikanlah panduan lengkap berbelanja di toko online milikmu
Selanjutnya, memberikan atau tampilkan panduan berbelanja di toko online. Agar lebih mudah, kamu bisa menampilkan secara khusus di bagian homepage untuk panduan singkat proses belanja.
Kemudian untuk panduan berbelanja secara detail bisa dibuatkan pada halaman terpisah dengan menggunakan gambar agar calon pembeli atau pengunjung toko online bisa lebih mudah mengerti.
4. Pastikan fitur customer login sudah tersedia
Customer login ini juga menjadi fitur toko online yang tidak boleh dilupakan. Tujuannya untuk meningkatkan pengalaman pengguna ketika berbelanja di toko online.
Baca juga: Apa itu ERD dan pengertian ERD adalah
5. Sertakan keterangan atau detail pada setiap produk
Jika sudah berhasil login, pelanggan pasti akan mulai mencari berbagai macam produk sesuai dengan yang diinginkan.
Oleh karena itu, pastikan kamu memberikan keterangan atau detail pada setiap produk agar mereka bisa cepat menentukan sesuai dengan keinginan atau selera.
Saat membeli sebuah produk, para pelanggan pasti memiliki rasa ingin mengetahui informasi detail seputar produk. Dan halaman detail produk ini yang berfungsi untuk memberi gambaran secara rinci.
6. Sediakan keranjang belanja
Umumnya, keranjang belanja sangat berguna untuk meletakkan produk apa saja yang akan dibeli oleh pelanggan, sebelum melakukan pembayaran. Singkatnya, dengan keranjang belanja ini kamu bisa meninjau kembali jumlah barang yang dibeli hingga nominal yang harus dibayarkan.
Pada halaman keranjang belanja ini, kamu juga dapat melihat ongkos kirim serta pilihan pengiriman secara rinci.
Informasi tentang ongkos kirim pada toko online
Toko online ini tentu membuat kamu bisa mengirimkan barang tidak hanya ke tempat-tempat yang dekat, tetapi juga jarak jauh atau bahkan berada di luar negeri.
Oleh sebab itu, sangat penting untuk memberikan menu informasi mengenai ongkos kirim beserta pilihan jasa pengirimannya secara lengkap. Lebih baiknya lagi, apabila kamu bisa menjalin kerja sama dengan beberapa jasa pengiriman.
7. Berikan berbagai pilihan layanan pembayaran untuk pelanggan
Kini pembayaran secara digital sudah banyak dilakukan oleh hampir seluruh toko online. Di mana ada banyak sekali pilihan pembayaran yang bisa disesuaikan dengan keinginan pelanggan.
Perlu kamu ketahui, apabila pilihan layanan pembayaran terbatas dan pelanggan tidak memiliki jenis-jenis yang diminta, hal itu bisa menjadi salah satu alasan mereka beralih ke tempat lain.
8. Menyediakan layanan informasi live chat dan FAQ
Pelanggan juga akan sangat membutuhkan layanan informasi lain secara langsung. Oleh karena itu, kamu bisa menyediakan fitur live chat atau informasi nomor penting yang memberikan respon cepat.
Pastikan juga ada khusus mengenai pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pelanggan atau lebih dikenal sebagai FAQ. Contohnya seputar informasi pembatalan, refund, dan lainnya.
9. Pastikan tampilan toko online user friendly
Biasanya pelanggan yang berbelanja secara online berasal dari banyak kalangan. Ada yang sudah terbiasa dan juga pemula, jadi pastikan agar mereka memahami cara kerja menu yang tersedia di toko milikmu.
Kini, memang lebih banyak pengguna internet mengakses berbagai hal melalui ponsel, jadi selain harus user friendly atau mudah digunakan pastikan juga mobile friendly.
Itulah hal-hal yang harus ada di toko online milikmu. Jadi, pastikan tidak hanya sekadar mudah digunakan tetapi hal kecil lainnya seperti logo, nama toko, keterangan produk, form pencarian juga harus diperhatikan.